Pura Purba Gunung Padang

Pengungkapan baru-baru ini bahwa Gunung Padang, sebuah situs megalitik di selatan Cianjur di Jawa Barat, hampir pasti menyembunyikan piramida bertingkat yang berasal dari Zaman Es, menarik banyak sekali minat dalam bentuk artikel, buku, video, dan kunjungan.

Kolom-kolom ini sebenarnya berusia jutaan hingga puluhan juta tahun, yang telah terbentuk secara alami dari lava yang mendingin melalui proses yang dikenal sebagai penyambungan kolom. Situs itu sendiri sangat layak dikunjungi karena keindahannya yang sangat terpencil, permukaan hijaunya dipenuhi ratusan tiang basaltik, seolah-olah raksasa telah membuka dan menyebarkan sekotak korek api abu-abu gelap. Untungnya, jalan menuju lokasi tersebut sekarang memiliki rambu-rambu yang baik, dan itu juga telah dimasukkan pada GPS.

Saya mengunjungi Gunung Padang bersama putri saya Rianti, suaminya Cas, dan sopir kami Pak Setu, mengendarai SUV Jasa SEO Jakarta. Kami merencanakan perjalanan pulang pergi, outward via Cianjur, inbound via Sukabumi. Awal pagi kami tertunda, jadi, berangkat jam 9 pagi, kami tiba untuk makan siang di Hotel Puncak Pass sekitar jam 1 siang. Ini adalah titik perhentian yang nyaman untuk perjalanan ini, dengan pemandangan tenggara yang mengesankan di atas kawasan Cipanas, dan Gunung Gede menjulang di atas ke barat.

Kami melanjutkan melalui Cipanas-Sindanglaya sampai ke Cianjur. Ini saatnya untuk mengaktifkan GPS Anda - jika Anda memilikinya. Di Cianjur, belok kanan (barat) dan jalan menuju Sukabumi. Begitu sampai di jalan Cianjur-Sukabumi (jalan yang ramai karena menghubungkan Bandung dan Sukabumi) terus jalan sekitar 7km, pakai GPS, sampai sampai di desa Warungkondang (hati-hati jangan belok kiri dulu ke Cibeber). Tepat setelah desa, Anda akan melihat persimpangan jalan, dengan belokan kiri (selatan) dan tanda hijau bertuliskan 'Gunung Padang'. Sekarang Anda berada di jalan sempit namun memiliki permukaan yang bagus menuju ke perbukitan, dengan minibus lokal dilapisi perak dan puce yang menarik. Jalannya khas pedesaan Jawa Barat, melalui perkebunan bambu dan jati, masih permukaannya bagus tapi dengan banyak kelokan. Rambu-rambu Gunung Padang terlihat di persimpangan jalan. Kemudian Anda menemukan sesuatu yang tidak terduga, stasiun kereta api terpencil, Lampegan.

Dari Lampegan, jalan berliku menuju ke tengah perkebunan teh yang megah. Pemandangan seperti ini dengan hamparan karpet teh hijaunya sudah tidak asing lagi bagi yang tahu, misalnya kawasan perkebunan teh Malabar di selatan Bandung. Saat cuaca cerah, hal itu menimbulkan perasaan yang menggairahkan, saat Anda mendaki ke daerah aliran sungai yang memisahkan sungai-sungai yang mengalir dari utara dan selatan di Jawa. Tepat di luar cakrawala terdapat lembah-lembah dalam yang panjang, yang mengarah ke Pantai Selatan yang masih relatif terpencil.

Kami merasa tujuan kami tidak terlalu jauh (7 km dari Lampegan), saat kami turun ke kantong kecil lembah dan kemudian naik melalui sebuah desa. Kami masuk ke tempat parkir, dengan, dari semua hal, jam digital elektronik besar yang memberi tahu kami dengan angka merah bahwa saat itu pukul 15:06:47, dan empat toilet portabel yang terkunci dengan warna biru cerah. Untungnya, toilet yang lebih konvensional dengan banyak air bersih tersedia. Ada dua pemandu yang tersenyum dan segelintir orang desa di luar barisan sekitar sepuluh warung.

Kami ditugaskan seorang pemandu yang masih muda, Pak Yusuf, berpakaian rapi dalam pakaian tradisional Sunda berwarna hitam dengan sorban biru. Dia pertama kali memperkenalkan kami ke mata air kecil, di mana memandikan wajah Anda seharusnya menjamin umur panjang. Dan kemudian pintu masuk terbawah ke dua tangga. Kita dapat memilih antara yang lebih tua dan lebih langsung, 400 anak tangga andesit yang kasar pada kemiringan yang sangat curam, atau yang lebih mudah tetapi lebih panjang dan lebih berputar.

Pilihan tampaknya telah dibuat untuk saya, dan, pada usia 72, bukan lagi kambing gunung Welsh, saya mendapati diri saya dibujuk, didorong dan ditarik oleh empat rekan saya ke atas yang paling kardio-vaskular dari keduanya. Tidak membantu jika Pak Yusuf menghibur kami dengan cerita tentang siswa yang pingsan, muntah, turis yang dilarikan ke rumah sakit, dan perwira militer yang gagal dalam kursus. Yah, jelas saya berhasil, tetapi, serius, jika Anda memiliki kondisi jantung atau serupa, ambil jalan yang lebih lama.

Skala situs lebih kecil dari yang kami harapkan, dan tidak terlalu ramai. Benar, itu terlambat dan situs tutup pada 16:30. Ada beberapa orang desa, beberapa pekerja, mungkin dari tim geologi Pak Danny Hilman, di tingkat tertinggi (kelima), dan karakter dalam benang tradisional Sunda penuh dan bling yang memperkenalkan dirinya sebagai "Eric".

Tetapi yang ingin saya lakukan hanyalah menikmati kecerahan, kejernihan, dan spiritualitas tempat itu. Jangan pedulikan kekuatan chthonic dan relik di bawah kakiku.

Pak Yusuf menunjukkan beberapa pengaturan khusus dari kolom yang dimaksudkan untuk devosi dalam bentuk samadhi dan doa, yang telah berlangsung terus menerus sejak pahlawan Jawa Barat, Prabu Siliwangi, mendedikasikan situs ini pada awal abad ke-16.

Musisi di Cas tertarik dengan kolom berlubang, yang mengeluarkan not balok. Menarik juga melihat bagaimana kesejajaran Gunung Padang mengarah langsung ke Gunung Gede, gunung tertinggi di wilayah tersebut.

Kami menuruni langkah yang lebih mudah, Rianti berfoto selfie dengan penduduk desa, dan kami berangkat ke jalan pulang. Rute Sukabumi pada malam hari panjang dan tidak menyenangkan, dengan kemacetan lalu lintas, perbaikan jalan dan iring-iringan truk yang membawa air mineral turun dari pegunungan. Kami bisa ngebut setelah menabrak tol Jagorawi selatan Ciawi, sampai rumah jam 9 malam.